Senin, 10 Oktober 2016

Solusi Mengatasi Tablet Yang Layarnya Tidak Merespon Sentuhan

Solusi Mengatasi Tablet Yang Layarnya Tidak Merespon Sentuhan

Permasalahan Tablet kini mulai bermunculan setelah beberapa tahun digunakan, bukan hanya pada Tablet berbasis OS Android, bahkan Tablet dengan OS lain pun bisa mengalami layar yang tidak bisa merespon sentuhan baik saat mengetik huruf atau angka tombol layar keybord tidak muncul, padahal kondisi power hidup dan terlihat seperti masih bisa bekerja namun layar yang daya respo lemah dan bahkan tidak berfungsi sama sekali.


Apa Penyebabnya?


Ada beberapa penyebab layar Tablet Anda tidak merespon sentuhan jari Anda, kemungkinan in diakibatkan oleh kondisi layar yang sudah sangat sering digunakan dengan berbagai gesekan terjadi pada layar dan bisa juga layar terkena air melalui keringat dan gesekan benda lain ata juga terbentur dan terjatuh sehingga kurang peka terhadap sentuhan. Kemungkinan kedua bisa juga diakibatkan layar Anda sudah rusak karena masa pemakaiannnya sudah tidak bisa lagi.

Solusi Tablet Yang Layarya Tidak Merespon


Ada beberapa solusi yang kami berikan untuk mengatasi layar yang tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa melakukan apa-apa lagi pada tablet tersebut. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perbaikan tersebut baik cara sederhana maupun dengan cara yang wajib Anda lakukan agar tablet Anda berfungsi kembali layar sentuhnya.

1. Buka Pelindung Layar

Kebanyakan Tablet Saat ini yang tisak menggunakan pelindung bawaan gorilla Glass kebanyakan menggunakan screen protector yang bisa Anda lepas terlebi dahulu, kemudian jika sudah dilepas sebaiknya lakukan restart atau matikan dan nyalakan power kembali. Kemudian setelah menyala kembali lihat perubahan apakah layar sentuh Anda mulai respon terhadap  perintah sentuhan. Jika tidak, sebaiknya lakukan  cara yang kedua

2. Lakukan Wipe Reset Tablet

Setelah solusi pertama dicoba dan belum membuahkan hasil,  langkah kedua ini adalah melakukan hard reset ke format reset pabrik, untuk melakukan hard reset tersebut Anda bisa baca di Cara Ampuh Mengatasi Tablet Android Restart (Bootloop) Terus Menerus.

Jika setelah melakukan wipe reset belum juga mendapatkan hasil yang baik, maka sebaiknya lihat cara ketiga.

3. Ganti Layar

Kalau Anda masih memiliki klaim asuransi untuk produk tablet yang Anda beli, Anda bisa lakukan klaim terhadap permasalahan tersebut dengan menggantikan layar tablet Anda, jika layar yang sudah diganti tidak juga merespon terhadap perintah sentuhan sebaiknya ikuti cara keempat.

4. Ganti Motherboard Tablet

Ini cara yang paling ekstrim jika cara pertama dan kedua tidak juga mengembalikan kondisi tablet Anda. Cara ini sama saja mengganti baru mesin tablet Anda, karena mengganti motherboard tablet dibanderol sedikit mahal dan hampir seperempat dari harga baru tablet tersebut. Jika solusi ini terlalu berat sebaiknya ikuti solusi ke 5 yang mungkin bisa Anda lakukan.

5. Jual Tablet Rusak Anda dan ganti Tablet baru

Jika ke tiga solusi tidak mempengaruhi hasil sebaiknya ganti saja tablet rusak tersebut dengan tablet yang lebih baru dengan sistem perangkat yang lebik baik jika hal ini mungkin bisa Anda lakukan untuk mengganti kondiisi tablet Anda yang tidak bisa diselesaikan dengan cara apapun.

Semoga solusi ini sedikit membantu untuk mengatasinya tablet Anda yang tidak bisa melakukan perintah dari layar sentuh pada tablet Anda. Anda juga bisa share pengalaman Anda mengenai permasalahan tablet Anda dan sebisa mungkin akan kami berikan solusi terbaik. Silkan share jika informasi ini bermanfaat.


Solusi Mengatasi Tablet Yang Layarnya Tidak Merespon Sentuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.