Senin, 02 Januari 2017

Play Store Tidak Terbuka? Don’t be Panic!

Play Store Tidak Terbuka? Don’t be Panic!

Play store pada android merupakan satu hal yang begitu memiliki peran penting. Dari play store ini, smartphone android mengunduh atau mendownload berbagai aplikasi yang sekiranya dibutuhkan oleh pemiliknya. Mulai dari aplikasi yang berbasis komunikasi, seperti Whatsapp, Line, FB Messenger, Facebook, Twitter, WeChat, dan banyak lagi lainnya. Sampai dengan berbagai permainan juga aplikasi pelengkap, seperti kamus, flashlight, dan banyak lagi. Semua tersedia di playstore.

 Play Store Tidak Terbuka? Don’t be Panic!

Solusi play store tidak bisa dibuka


Namun, apa yang akan terjadi bila play store justru tidak bisa terbuka? Mari kita lihat ulasan untuk solusi play store tidak bisa dibuka di bawah ini:

  • Ketika play store pada smartphone android Anda tidak bisa terbuka, cobalah untuk memeriksa kembali pengaturan tanggal dan waktu pada ponsel Anda. Bisa jadi tanggal dan waktu tersebut tidak akurat. Ketidakakuratan ini merupakan salah satu penyebab mengapa play store tidak bisa terbuka saat Anda hendak membukanya.
  • Periksa kembali manager aplikasi Anda. Masuklah pada bagian setting yang terdapat pada ponsel Anda. Kemudian pilihlah application manager atau pengaturan aplikasi. Selanjutnya reset preferensi aplikasi Anda. Biasanya reset preferensi ini terdapat di ujung kanan atas. Tekan tombol ujung kanan atas tersebut dan pilihlah reset app preferences atau reset preferensi.
  • Smartphone android merupakan sebuah ponsel pintar yang memiliki store-nya tersendiri untuk mengunduh beberapa aplikasi yang dibutuhkan, yaitu play store. Untuk dapat mengakses play store ini, pemilik smartphone harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada akun Google. Namun, kerapkali hal sederhana yang justru menjadi kunci dapat teraksesnya play store ini malah terabaikan. Entah lupa kata sandi atau malah lupa alamat emailnya sendiri. Jika sudah mencoba beberapa kali, namun play store tetap tidak bisa terbuka, mungkin ada kesalahan saat memasukkan alamat email atau kata sandi tersebut. Alih-alih dibuat pusing karena terus memasukkan alamat email dan kata sandi yang tidak tepat, lebih baik untuk membuat akun Google baru lalu masuk kembali ke play store melalui akan baru tersebut.
Solusi play store tidak bisa dibuka lainnya adalah menghapus cache. Caranya adalah Anda harus membuka aplikasi yang telah ter-install, lalu pilih playstore, kemudian hapus cache; terletak pada bagian bawah. Cache merupakan file yang tersimpan dalam ponsel Anda. Jika tidak dihapus akan membuat ponsel atau tablet Anda menjadi lamban.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusi play store tidak bisa dibuka. Jika Anda memiliki permasalahan terhadap play store yang tidak bisa dibuka, hal-hal di atas bisa dijadikan sebagai acuan untuk menjawab permasalahan Anda. Periksa kembali hal-hal di atas, barangkali memang ada yang luput hingga Anda tidak bisa mengakses play store tersebut.
Play Store Tidak Terbuka? Don’t be Panic!
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.